RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama
Sekolah : SDN Suka Senang
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : I (Satu)/ I (satu)
Tema :
Budi Pekerti
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
1.
Menerapkan
hidup rukun dalam perbedaan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Memberikan contoh hidup rukun
melaluikegiatan di rumah dan di sekolah.
C.
Indikator
§ Menjelaskan
tentang bentuk-bentuk hidup rukun di rumah dan di sekolah.
§
Memberi
contoh bentuk-bentuk hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah
maupun di sekolah.
§
Menceritakan
akibat jika tidak menjaga kerukunan di
rumah dan di sekolah.
§
Menjelaskan
pentingnya menjaga hidup rukun di rumah dan di sekolah.
§
Menerapkan
perilaku hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah maupun di
sekolah.
D.
Tujuan
Pembelajaran
§
Siswa
dapat menjelaskan tentang
bentuk-bentuk hidup rukun di rumah dan di sekolah.
§
Siswa dapat memberikan contoh bentuk-bentuk hidup rukun dalam
kehidupan sehari-hari.
§
Siswa
dapat menceritakan akibat jika tidak menjaga kerukunan di rumah dan di sekolah.
§
Siswa
dapat menjelaskan pentingnya menjaga hidup rukun di rumah dan di sekolah.
§
Siswa
dapat menerapkan perilaku hidup rukun dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah
maupun di sekolah.
E. Karakter siswa yang diharapkan : Tanggung
jawab (responsibility), Berani (courage), Peduli (caring), dan Kewarganegaraan
(citizenship) Toleransi, Saling
menyayangi satu sama lain,Saling Berbagi.
F.
Materi
Ajar
HIDUP RUKUN
a.
Pengertian.
Hidup rukun
artinya saling menghormati dan menyayangi. Hidup rukun dilakukan antara sesama manusia. Hidup rukun dilakukan di rumah,sekolah,dan masyarakat. Hidup Rukun di
Lingkungan Rumah. Di lingkungan rumah,hidup rukun dilakukan antara anggota
keluarga. Dalam anggota keluarga ada orang tua dan anak-anak. Orang tua
menyayangi anak-anak. Anak-anak menghormati orang tua. Hidup Rukun di Lingkungan Sekolah.
Di lingkungan sekolah,hidup rukun dilakukan antara warga sekolah. Warga sekolah
adalah kepala sekolah,guru,siswa,dan penjaga sekolah. Guru-guru menyayangi
siswa,dan siswa menghormati guru-guru. Mereka
saling menghormati dan menyayangi.
Ø
Contoh
Hidup Rukun di Rumah.
Hidup
rukun dilakukan di rumah antara sesama orang tua,dan juga antara orang tua dan
anak. Ayah dan ibu hidup dengan rukun,dan saling menghargai. Ayah dan ibu hidup
rukun dengan anak-anak,dan selalu menyayangi anak-anak. Anak-anak selalu
menghormati ayah dan ibu. Kakak dan adik saling menyayangi dan saling membantu.
Ø
Contoh
Hidup Rukun di Sekolah.
Hidup rukun
dilakukan di sekolah antara sesama guru,dan juga antara siswa. Hidup rukun
antara guru dan siswa. Sesama guru saling menghormati dan menghargai. Guru
memperhatikan siswa belajar,dan siswa memperhatikan guru menerangkan pelajaran
dengan baik. Antara sesama siswa hidup rukun,dan tidak ada siswa yang saling
bertengkar.
b.
Penerapan Hidup Rukun di Rumah.
Penerapan
hidup rukun di rumah dilakukan dalam banyak kegiatan misalnya:
1.Hormat dan patuh kepada orang
tua.
2.Makan bersama keluarga.
3.Belajar bersama keluarga.
4.Bermain bersama keluarga.
5.Mengerjakan pekerjaan rumah
dengan bergotong royong.
c. Penerapan
Hidup Rukun di Sekolah.
Penerapan
hidup rukun di sekolah dilakukan dalam kegiatan misalnya:
1.Hormat dan patuh kepada guru.
2.Bermain bersama teman sekolah.
3.Suka menolong teman sekolah.
4.Belajar bersama teman di
sekolah.
G.
Pendekatan,
Metode dan Model Pembelajaran
§
Pendekatan :
Contekstual teaching
learning
§
Metode:
Ceramah
Tanya jawab
Penugasan
Diskusi dengan
teman sebangku
§
Model pembelajaran :
picture and picture
H.
Langkah-langkah
Kegiatan
§
Kegiatan Awal
&
Apersepsi :
–
Mengajak
semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk
mengawali pelajaran.
–
Melakukan
kegiatan absensi (memeriksa daftar kehadiran)
Motivasi :
–
Mengajak
siswa bertanya jawab tentang kegiatan apa saja yang dilakukan pada pagi hari
sejak bangun tidur sampai anak berangkat ke sekolah.
–
Bersama-sama
menyanyikan ‘Sayang Semua’ .
Sayang
Semuanya
Satu satu aku sayang ibu
Dua dua juga sayang ayah
Tiga tiga sayang adik kakak
Satu dua tiga sayang semuanya
–
Guru
membahas materi sebelumnya yaitu mengenai Diri Sendiri.
§
Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
Bertanya
jawab tentang tentang bentuk-bentuk hidup rukun di rumah dan di sekolah.
F
Penjelasan
sigkat tentang hidup rukun di lingkungan keluarga dan di sekolah.
&
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Memfasilitasi
peserta didik melalui ceramah.
F
Siswa
memperhatikan penjelasan guru.
F
Guru
memberikan penjelasan mengenai pengertian hidup rukun.
F
Guru
memberikan penjelasan contoh dari hidup rukun.
F Guru memberikan penjelasan
penerapan hidup rukun.
F
Mengajak
siswa melakukan tarian bebek.
F
Memberikan
penugasan dengan media ‘main peran dan apa yang harus dilakukan’.
Pada media ini, langkah-langkah
yang dilakukan adalah:
1. Guru membagi beberapa siswa
menjadi kelompok.
2.
Guru
memberikan aturan dari permainan main peran dan apa yang harus dilakukan.
3.
Siswa
menyepakati aturan bermain.
4.
Siswa
menjawab prilaku apa yang harus dilakukan pada peran itu.
5.
Setiap kelompok
yang menjawab dengan benar, guru akan memberikan reward.
F
Siswa
diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
bertindak tanpa rasa takut.
F
Memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.
F
Memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik.
F
Memberikan
penguatan kepada siswa dan
penyimpulan.
F
Meluruskan
kekurangpahaman siswa terhadap materi yang dipaparkan.
F
Memberikan
motivasi dan apresiasi positif kepada siswa.
§
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
Melakukan
penilaian terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
F
Evaluasi
-
Pada
kegiatan evaluasi menggunakan media picture and picture degan langkah-langkah:
1. Guru menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar contoh-contoh hidup rukun.
2. Guru menunjuk/memanggil siswa dengan
bantuan media talking stik.


A B
4. Siswa menjawab pertanyaan yang telah
ia pilih dan mejawabnya dengan gambar yang telah disediakan.
5. Guru menanyakan alasan/dasar kenapa
ia memilih gambar tersebut.
6.. Guru bersama siswa mengevaluasi
hasilnya.
7. Guru memberikan reward pada siswa
yang berprestasi.
F
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
I.
Sumber/Bahan
Belajar
§
Buku
paket
Priyati
E., Suliasih, Ridwan Efendi.Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.2008
§
Orang
tua.
§
Teman.
§
Lingkungan
rumah (keluarga), sekolah, dst.
J.
Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
|
§ Menjelaskan arti rukun di sekolah dan di keluarga.
§ Memahami manfaat dan penerapan hidup rukun.
|
Tugas
individu
|
§ Penilaian lisan
§ Penilaian unjuk kerja
(keberanian untuk menyampaikan pendapat)
|
&
kunci
jawaban
1. rukun
2. saling berbagi
3. melerai
4. tidak rukun
5. tidak rukun
6. tidak rukun
7. tidak rukun
8. rukun
&
skala
sikap
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
JK1.
2.
3.
4.
5.
|
Tekun
Tanggung jawab
Berani
Peduli
Kewarga negaraan
|
* sangat tekun
* tekun
* kadang-kadang tekun
* tidak tekun
* Sangat tanggung jawab
* tanggung jawab
* kadang-kadang tanggung jawab
* tidak tanggung jawab
* Sangat berani
* berani
* kadang-kadang berani
* tidak berani
* Sangat peduli
* peduli
* kadang-kadang peduli
* tidak peduli
* Sangat kewarga negaraan
* kewarga negaraan
* kadang-kadang kewarga negaraan
* tidak kewarga negaraan
|
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
|
&
Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor
: jumlah skor maksimal ) X 10.
@
Untuk
siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Jakarta
, 24 mei 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel PKN
MIMIN NINAWATI, SE, M.Pd RIZKY ISNAENI
NIP : NIP : 1201045490
Tidak ada komentar:
Posting Komentar